NASA MENGKLAIM MATAHARI AKAN TERBIT DI BARAT

NASA MENGKLAIM MATAHARI AKAN TERBIT DI BARAT 

Illustration 

NASA MENGKLAIM MATAHARI AKAN TERBIT DI BARAT 


Sebuah informasi yang mengklaim bahwa NASA telah menemukan bukti bahwa matahari akan terbit dari barat menjadi viral dimedia sosial.Informasi ini disertai dengan foto dan narasi yang menyatakan bahwa hal ini merupakan tanda-tanda hari kiamat. Namun, apakah klaim ini benar?Informasi ini pertama kali muncul di Facebook pada 14 Januari 2024 dengan menggunakan bahasa Thailand.

RELATED:

Dalam unggahan tersebut, dikatakan bahwa NASA telah mengkonfirmasi bahwa bumi berputar ke arah yang berlawanan, sehingga matahari akan terbit dari sisi barat.Selain itu, juga disebutkan bahwa para peneliti percaya bahwa ini merupakan akibat dari pembalikan medan magnet yang akan mengakhiri kehidupan manusia.Namun, setelah ditelusuri, klaim ini ternyata tidak benar. NASA sendiri telah membantah bahwa mereka pernah mengeluarkan prediksi seperti itu.


Bettina Inclan, Associate Administrator for Communications NASA, mengatakan bahwa tidak ada NASA maupun organisasi ilmiah lain yang memprediksi bahwa matahari akan terbit dari barat.Inclan menjelaskan bahwa fenomena pembalikan medan magnet memang ada dan nyata, tetapi tidak berpengaruh pada arah rotasi bumi.Fenomena ini hanya terjadi di planet Venus, yang memiliki rotasi yang berbeda dari bumi.Venus berputar ke belakang, sehinggamatahari terbitdari barat dan terbenam di timur.

RELATED:

Venus juga memiliki rotasi yang sangat lambat, yaitu 243 hari bumi.


Sementara itu, waktu yang dibutuhkan Venus untuk mengelilingi matahari adalah 225 hari bumi.Ini berarti bahwa matahari hanya terlihat di permukaan Venus dua kali dalam setahun bumi, atau setiap 117 hari bumi. (hasan)




0 Response to "NASA MENGKLAIM MATAHARI AKAN TERBIT DI BARAT "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel