ilmuan Nasa telah temukan planet baru di luar tata Surya


NASA selalu menggelar penelitian yang menakjubkan, dan salah satunya adalah penemuan planet di luar Tata Surya. Di tahun 2022, NASA dan badan antariksa lainnya menemukan lebih dari 5.000 exoplanet, termasuk beberapa yang sangat menarik. Mari kita lihat beberapa di antaranya:


WASP-121 b: Exoplanet raksasa yang berjarak sekitar 855 tahun cahaya dari Bumi. Disebut juga sebagai “Jupiter panas” karena mengorbit bintang panas. Uniknya, planet ini memiliki awan logam dan permata pada sisi yang dingin.


Planet Bola Rugbi: Berbeda dari kebanyakan planet yang berbentuk bulat, exoplanet WASP-103b memiliki bentuk lonjong seperti bola rugbi. Perilaku orbitnya yang ekstrem membuatnya berubah bentuk.

RELATED:

Super Neptunus: Lebih besar dari planet Neptunus, exoplanet ini memiliki uap air pada atmosfer. Ini menjadikannya unik dan menarik bagi para ilmuwan.


TOI-1231b: Planet ini mengorbit bintang katai merah dan memiliki suhu mirip Bumi. Atmosfernya yang substansial memungkinkan studi lebih lanjut tentang keberadaan air dan awan.

Semua penemuan ini memberikan wawasan baru tentang alam semesta dan potensi kehidupan di luar Bumi. 


Berikut adalah informasi terkini tentang planet-planet yang di temukan oleh ilmuwan NASA tahun 2022.


WASP-121b : Disebut sebagai ‘Heavy Metal’ exoplanet, WASP-121b memiliki bentuk yang mirip bola rugby dan mengorbit bintang yang lebih terang dan panas dari Matahari. Planet ini begitu dekat dengan bintangnya sehingga atmosfer atasnya mencapai suhu 4,600 derajat Fahrenheit, menyebabkan gas magnesium dan besi melarikan diri ke angkasa123.


WASP-103b: Planet ini memiliki bentuk yang unik, mirip bola rugby, karena gaya pasang surut yang kuat dari bintang induknya. WASP-103b berukuran dua kali lipat lebih besar dari Jupiter dan mengorbit bintangnya hanya dalam sehari, membuatnya sangat panas4567.


TOI-1231b: Sebuah exoplanet yang mirip dengan Neptunus dan mengorbit bintang tipe-M. Massanya adalah 15,4 kali massa Bumi dan membutuhkan 24,2 hari untuk menyelesaikan satu orbit. TOI-1231b memiliki atmosfer yang kaya dan berpotensi untuk dipelajari lebih lanjut8910.


Semoga informasi ini membantu Anda! Jika ada pertanyaan lain atau Anda ingin saya menciptakan sesuatu yang berkaitan dengan planet-planet ini, beritahu saja saya.

Salam #geografi

0 Response to " ilmuan Nasa telah temukan planet baru di luar tata Surya "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel