Tips Bagi lulusan SMA agar setelah lulus tak jadi pengangguran



 Masa kelulusan sekolah tentu saja menjadi saat yang sangat dinanti. Beberapa diantaranya ada yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sayangnya, adapula yang justru kebingungan harus melakukan apa terkait keterbatasan biaya. Tidak jarang hal ini menjadi alasan sebagian remaja justru menganggur di rumah saja.


Namun, yang lebih disesalkan lagi jika remaja tak tahu harus berbuat apa. Terlebih lagi jika mereka hanya berpasrah diri pada keadaan semata. Padahal kenyataannya banyak hal yang bisa dilakukan guna memanfaatkan waktu luang ini. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar kelulusan sekolah tak hanya berbuah pengangguran saja.


1. Kerja sampingan


Akhir – akhir ini perekonomian Indonesia tengah berkembang dikarenakan bertumbuhnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Oleh karena itu tidak jarang sumber daya manusia semakin dibutuhkan. Momen ini sebaiknya dimanfaatkan oleh para remaja guna mencari pekerjaan sampingan di lahan usaha jenis ini. Meski belum berpenghasilan maksimal, kerja sampingan pada UMKM dapat memberikan pengalaman sebagai modal awal mengenal dunia karir ke depan.

RELATED:

2 . Mengasah hobi dan minat


Hal lain yang bisa dilakukan oleh remaja adalah mengasah atau memperdalam kegiatan favoritnya. Bukan tanpa alasan, pertumbuhan ekonomi kreatif di nusantara kini juga membutuhkan tenaga ahli yang tak enggan berusaha optimal. Jika Kawan menyenangi dunia fotografi tidak ada salahnya lho untuk memperdalam dan mengembangkannya melalui seminar – seminar gratis ataupun pameran galeri pribadi memanfaatkan platform media sosial.


3. Mencari beasiswa pendidikan


Jika memang Kawan ingin melanjutkan pendidikan namun keadaan finansial tak juga memungkinkan, beasiswa mungkin bisa menjadi salah satu jalan. Carilah informasi sebanyak mungkin terkait lembaga – lembaga yang memungkinkan menghadirkan beasiswa pendidikan gratis. 


4. Mengikuti pelatihan Kejuruan secara Gratis


Mengikuti berbagai pelatihan yang sudah di sedia oleh pemerintah contohnya


Mengikuti pelatihan menjahit otomotif komputer secara gratis pelatihan ini di sedia oleh pemerintah dalam menjalankan program keahlian untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia

Kawan-kawan bisa mengikuti berbagai pelatihan kejuruan 

Seperti pelatihan menjahit otomotif komputer dll.

Kawan bisa mengikuti pelatihan dalam program LPK atau BDI  ( balai Diklat Indonesia )


Jangan lupa bangun networking antar sesama agar informasi yang digali juga semakin mudah didapatkan. Selamat mencoba

0 Response to "Tips Bagi lulusan SMA agar setelah lulus tak jadi pengangguran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel