Gempa Maroko: Ribuan orang tewas terkubur bangunan rumah

 Gempa Maroko Ribuan orang tewas terkubur bangunan rumah
gempa melanda Maroko pada Jumat (8/9/2023

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa melanda Maroko pada Jumat (8/9/2023) malam pukul 23:11 waktu setempat. Guncangan gempa bermagnitudo 6,8 berlangsung selama beberapa detik. Terdapat gempa susulan berkekuatan 4,9 skala Richter 19 menit kemudian.Pusat gempa dilaporkan berada di dekat kota Ighil di Provinsi Al Haouz, sekitar 70 kilometer selatan Marrakesh. Menurut USGS, pusat gempa berada di 18 kilometer di bawah permukaan bumi. Sementara badan seismic Maroko menyebut pusat gempa berada pada kedalaman delapan kilometer.

Baca juga : mahasiswa S1 dan D4 tidak lagi wajib skripsi

Menurut Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha, setidaknya hingga Sabtu (9/9/2023) pukul 13:00 WIB, belum ada laporan tentang adanya WNI yang menjadi korban gempa Maroko. Dia mengungkapkan, terdapat sekitar 500 WNI di negara tersebut."KBRI Rabat telah berkoordinasi dengan otoritas setempat dan komunitas Indonesia. Hingga saat ini tidak terdapat informasi adanya korban WNI," kata Judha dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.



Seorang wanita meratapi rumahnya yang rusak akibat gempa bumi di kota tua di Marrakesh pada 9 September 2023.Jumlah korban tewas akibat gempa kuat di Maroko sejauh ini telah melonjak menjadi lebih dari 2.000 orang, sementara korban luka serius mencapai 1.400 orang.Kementerian Dalam Negeri Maroko melaporkan korban dengan kondisi serius berada di provinsi-provinsi di sebelah selatan Marrakesh.

RELATED:

Raja Mohammed VI mengumumkan tiga hari berkabung nasional dan memerintahkan untuk menyediakan tempat penampungan, makanan, dan bantuan lainnya bagi para korban yang selamat.Banyak orang menghabiskan malam kedua di tempat terbuka.

0 Response to "Gempa Maroko: Ribuan orang tewas terkubur bangunan rumah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel